Belajar Biola

Minggu, 07 April 2013 komentar
Secara otodidak, piano dan gitar dapat dipelajari seseorang hanya dengan melihat orang lain bermain. bagaimana membunyikan nadanya? kan tidak ada gripnya?…”, ini sebuah keunikan yang sebenarnya merupakan tantangan.
Tetapi saat kita dihadapkan pada sebuah instrumen musik yang tidak memiliki grip (pembatas nada seperti yang terdapat pada gitar), pertanyaan terbesar orang awam adalah “
Melalui web blog ini, saya mencoba berbagi informasi kepada teman-teman yang ingin belajar bermain biola tetapi tidak memiliki petunjuk sebagai panduan. Apa yang diuraikan disini merupakan cara mengajar saya (pengembangan dari para guru saya), yang dipadukan (dirangkum) dengan sejumlah metode dari berbagai sumber.
Akan tetapi, panduan dasar belajar bermain biola pada blog ini dibatasi hanya untuk remaja (-+ 15 s/d 17 tahun) hingga orang dewasa. Sedangkan anak dibawah usia remaja, saya sarankan untuk memiliki/mencari seorang guru.
Selanjutnya…
disini teman-teman dituntut sudah bisa membedakan tinggi rendahnya nada dalam lintasan nada paling dasar yaitu “solmisasi” atau “do-re-mi-fa-so-la-si-do”, yang disebut sebagai tangga nada. Asumsinya, teman-teman sekalian saya anggap sudah cukup mengerti notasi angka, serta bisa (bukan mahir) mendengar dan membunyikan kembali dengan suara sendiri (menyanyikan) bagaimana bunyi nada do, re, mi,… dan seterusnya.
Harapan saya semoga apa yang diuraikan disini dapat menjadi petunjuk/informasi yang cukup baik bagi anda yang ingin belajar biola secara mandiri. Saya berterima kasih dan sangat menghargai komentar dan respon pengunjung, agar panduan belajar biola pada web blog ini dapat menjadi sumber informasi yang baik. Semoga Bermanfaat.

http://www.youtube.com/watch?v=WJykvARPnBQ

komentar

Posting Komentar